Anti Bakteri Di Tubuh Lalat

lalat

Seringkali lalat dikaitkan dengan berbagai bibit penyakit karena cara hidupnya yang mencari makanan di tempat kotor. Namun, menjadi sebuah pertanyaan mengapa lalat dapat bertahan hidup ?

Untuk melakukan pembuktian, para peneliti melakukan penelitian terhadap beberapa jenis lalat. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan lalat rumah, lalat domba, lalat buah, lalat buah Queensland yang bertelur di buah segar.

Penelitian ini dilakukan oleh peneliti dari Departemen Ilmu Biologi, Macquarie University, Australia dan Tim Departemen Mikrobiologi Medis, Fakultas Sains, Universitas Qashim, Kerajaan Arab Saudi dalam kesempatan berbeda.

Dari hasil penelitian ditemukan bahwa semua jenis lalat memiliki antibakteri di tubuh mereka. Anti bakteri bisa ditemukan pada bagian kulit dan sayap di tubuh lalat. Penelitian dilakukan dengan dua metode. Pertama, mencelupkan seluruh tubuh lalat ke air. Kedua, menjatuhkan lalat ke air tanpa mencelupkan seluruh tubuh lalat ke dalam air. Ternyata pada air di percobaan pertama (tubuh lalat dicelupkan seluruhnya) meskipun berkembang bakteri E.Coli tapi terjadi penghambatan oleh mikroorganisme lain. Setelah diidentifikasi bakteri tersebut adalah bakteri Actinomyces yang dapat memproduksi antibiotik. Bakteri ini biasanya menghasilkan antibiotik yang dapat diekstrak, yaitu actinomycetin dan actinomycin.

Sumber : Merdeka