Apa & Bagaimana Penyakit Kanker

Saat ini penyakit kanker makin sering menyerang berbagai kalangan. Tahun 2015, seorang sahabat saya dalam usia 36 tahun meninggal karena kanker nasofaring. Seperti apa sebenarnya penyakit kanker, bagaimana penyebarannya, darimana datangnya penyakitn kanker, dan berbagai hal seputar penyakit kanker lainnya ? Tulisan ini saya tulis sebagai bahan catatan pribadi saya, saya harap berguna bagi orang lain juga untuk memahami dan mengenali penyakit kanker dan pencegahannya.

Penyakit kanker tidak seperti penyakit lainnya yang disebabkan oleh virus atau bakteri. Penyakit kanker adalah sebuah penyakit yang terjadi karena perkembangan sel-sel tubuh secara berlebihan, dimana sel-sel tubuh yang berkembang tersebut menyerang jaringan lain di sekitarnya. Kanker dapat menyebar ke berbagai bagian tubuh lainnya melalui sirkulasi darah.

Umumnya, orang-orang mengenal tumor sebagai kanker. Padahal sebenarnya secara medis, kanker dan tumor adalah penyakit yang berbeda. Meskipun ke-duanya menimbulkan benjolan. Kanker adalah tumor ganas. Sedangkan tumor jinak tidak tergolong sebagai kanker.

Kanker bisa menyerang siapapun, pada usia berapapun. Beda halnya dengan penyakit tertentu yang lebih banyak menyerang anak-anak misalnya cacar air. Karena memang daya tahan tubuh seorang anak lebih rendah dibandingkan orang dewasa. Kanker dapat menyerang anak-anak, orangtua bahkan bayi sekalipun.

Secara umum ada beberapa gejala penyakit kanker :

  1. adanya benjolan di bagian tubuh yang terus bertumbuh
  2. bagian tubuh tertentu mengeluarkan darah atau lendir
  3. bagian tubuh yang luka sulit untuk sembuh
  4. munculnya tahi lalat yang semakin besar dan gatal
  5. ada rasa nyeri pada bagian tubuh tertentu yang tidak wajar
  6. penurunan berat badan secara drastis yang tidak wajar
  7. rasa lelah yang berlebihan di luar kebiasaan
  8. kulit mengalami perubahan pigmen atau mengelupas secara berlebihan

Cara Mencegah Kanker

Meskipun mematikan, penyakit kanker sebenarnya bisa dicegah. Beberapa cara hidup pencegahan penyakit kanker :

  1. Melalui makanan dan minuman :
    • jangan makan makanan yang dibakar hingga hangus
    • jangan makan makanan yang telah disimpan berhari-hari
    • perbanyak makan buah dan sayuran
    • kurangi makan makanan berlemak
    • hindari minum minuman ber-alkohol
  2. Hindari stress

Berbagai Pemicu Kanker

Kanker dapat disebabkan juga oleh beberapa hal yang umum, seperti :

Bahan Kimia

Umumnya bahan kimia yang menjadi penyebab kanker ada di dalam rokok. Sehingga orang yang merokok lebih rentan terhadap penyakit kanker, terutama kanker paru-paru.

Penyinaran Melebihi Batas

Sinar yang dimaksudkan bukan hanya sinar x atau sinar radioaktif, tetapi juga sinar ultraviolet dari matahari yang berlebihan dapat menyebabkan pembentukan sel kanker. Sinar ultraviolet yang berlebihan umumnya menyebabkan kanker kulit.

Makanan

Zat kimia pada makanan yang umumnya memicu kanker adalah zat-zat kimia yang dijadikan sebagai bumbu penyedap makanan. Selain itu, makan yang sudah disimpan hingga berhari-hari akan tercemar oleh aflatoxin yang dihasilkan oleh jamur yang tumbuh di makanan tersebut. Zat ini yang dapat memicu kanker hati.

Hormon

Pemberian hormon untuk tujuan tertentu sering dilakukan dalam tindakan medis. Tapi hati-hati, pemberian hormon secara berlebihan pun akan memicu muncul nya sel kanker.

Virus

Meskipun kanker bukan penyakit yang secara langsung disebabkan oleh virus. Virus dapat memicu pertumbuhan sel tubuh menjadi kanker. Beberapa virus golongan ini disebut virus onkogenik.