Bus Tingkat Wisata Jakarta

Mulai Januari 2014 Jakarta kini memiliki bus tingkat yang disediakan khusus untuk wisata keliling Jakarta. Bus sebanyak 5 buah yang baru datang dari Cina ini rencananya akan diujicobakan mulai akhir bulan Januari 2014 untuk rute perjalanan Tanah Abang – Bundaran HI. Belum ditetapkan secara pasti sampai kapan uji coba ini akan diselenggarakan. Pada jalur uji coba ini, bus tingkat akan melalui beberapa daerah seperti Kota Tua, Monas dan Blok M.

Tidak seperti Bus TransJakarta yang memiliki jalur khusus, bus ini akan melalui jalur kendaraaan umum. Pada bus ini rencananya juga akan disediakan kursi atau tempat khusus penyandang disabilitas seperti bus yang dimiliki oleh negara lain. Sehingga para penyandang disabilitas tidak kesulitan ketika ingin berwisata menggunakan bus ini.

Bus bernilai masing-masing 3 miliar rupiah ini hanya memiliki pintu pada sisi, berbeda dengan Bus TransJakarta yang memiliki pintu pada sisi kiri dan kanan. Meskipun berukuran standar dan memiliki 2 tingkat, bus ini hanya dapat menampung maksimal 40 penumpang. Belum ditentukan apakah akan ada penumpang yang berdiri atau tidak. Selain itu bus ini juga diperlengkapi dengan ac untuk memberikan kenyamanan bagi para penumpang dan pengeras suara untuk petugas pemandu wisata.

Berita baiknya, rencananya bus ini akan beroperasi secara gratis. Asyik ya ? Berikut ini penampakan bus yang diambil dari beberapa media.

Kunjungi juga halaman Pariwisata Jakarta yang berisi berbagai informasi seputar tempat wisata menarik di Jakarta.

Sumber : Merdeka / 108 Jakarta / Sindo News