Cara Membedakan Madu Asli dan Palsu

Di pasaran, sering ada yang menawarkan madu. Jika madu yang sudah dalam kemasan dan dijual di Apotek, tentu masih dapat dipercaya. Karena, umumnya memiliki nomor BPOM. Namun, bagaimana membedakan madu yang asli atau palsu yang dijual di pasar secara bebas ?

Saya mengumpulkan beberapa informasi bagaimana cara mengecek atau membedakan mana madu yang murni/madu asli dan mana madu yang sudah tidak murni/madu campuran/madu palsu. Sebab, memang diketahui beberapa pedagang madu yang tidak jujur mencampurkan air gula ke dalam madu agar hasil penjualan madu campuran lebih menguntungkan.

 1. Disemuti

Banyak orang yang mengatakan bahwa madu yang palsu tidak akan dihinggapi oleh semut. Sebenarnya, ini teori yang salah. Sebab, jika madu tersebut adalah madu campuran antara madu asli dengan air gula pekat, semut tetap akan menghampirinya. Bahkan, jika itu bukan madu campuran dan hanya gula cair sekalipun semut pasti akan akan mendatanginya.

Selain itu, semut besar umumnya kurang menyukai madu. Berbeda dengan semut kecil yang menyukai madu. Meski begitu, tidak jarang semut kecilpun akan mendekati madu yang tidak asli karena terdapat campuran gula.

2. Menggunakan Korek Api

Sebagian orang percaya bahwa korek api yang dilumuri madu asli akan tetap dapat terbakar dengan mudah. Teori ini sangat salah. Sebab kualitas madu dapat berbeda-beda berdasarkan jenis lebah atau bunga sumber madunya. Sehingga kadangkala ada yang madu murni asli yang mengandung air cukup tinggi, sehingga sulit terbakar.

3. Madu Sulit Larut di Air

Umumnya madu asli yang murni lebih sulit larut di dalam air. Jika madu diteteskan ke dalam air, madu tidak akan larut dengan mudah dan masih dalam bentuk gumpalan madu. Selain itu, sebagian madu palsu yang tidak murni akan mengambang di atas air saat dijatuhkan ke dalam air. Sedangkan, madu yang asli akan ada di bawah permukaan air dan tidak mudah larut.

4. Aliran Madu

Madu yang asli dan bukan campuran, saat dituang dari posisi yang tinggi sekitar lebih dari 30 cm aliran nya tidak akan terputus-putus walaupun tertiup angin atau goyang. Karena madu asli sangat kental.

5. Aroma Bunga

Beberapa jenis madu asli yang berasal dari bunga-bunga tertentu memiliki aroma seperti bunga. Meskipun banyak juga madu yang tidak memiliki aroma bunga. Namun, ini bisa menjadi sebuah indikator apabila si penjual madu menyatakan bahwa madu itu berasal dari bunga.

6. Kertas

Menurut sebagian orang, madu yang asli jika diteteskan ke selembar kertas tidak akan menembus / merembes ke sisi lain dari kertas tersebut karena madu yang asli sangat kental dan kandungan airnya sangat sedikit. Namun, teori ini tidak sepenuhnya benar seperti yang sudah saya tuliskan di atas. Masing-masing madu memiliki kadar air yang berbeda. Sehingga kekentalannya pun berbeda.

7. Mudah Membeku

Madu palsu umumnya lebih mudah membeku dibandingkan madu asli atau madu murni. Teori ini tidak sepenuhnya benar. Sebab kadar air setiap madu berbeda-beda, bergantung pada jenis lebah dan sumber asal madunya.

8. Tes Laboratorium

Cara mengecek madu dengan menggunakan tes laboratorium adalah cara yang paling akurat. Namun, tentu hal ini akan sulit dicek oleh orang awam. Kecuali, anda adalah pengusaha madu yang mengambil madu dari peternak lebah dan menjual madu murni tersebut. Sehingga anda perlu mengecek kemurnian madunya, asli atau palsu.

Semoga informasi cara mengecek madu asli atau palsu ini berguna.