Desa Ini Terkaya di Cina

desa-terkaya-cina

Desa ini dulunya adalah desa yang miskin dengan mayoritas penduduk bermata pencaharian sebagai petani. Tapi, kini menjadi sebuah desa terkaya di Cina. Bahkan desain tata kota nya menjadi sebuah desa percontohan di Cina karena sangat teratur dan dibangun dengan sangat baik memperhatikan nilai estetiknya.

Desa tersebut adalah Desa Huaxi di Provinsi Jiangsu. Disebut sebagai desa terkaya di Cina karena setiap keluarga yang mendiami desa ini mampu mendapat penghasilan berlimpah. Dalam suatu survei pada tahun 2009 ditemukan fakta bahwa setiap keluarga di desa ini memiliki setidaknya satu rumah dan mobil dan aset yang dimiliki setiap keluarga bisa mencapai US$ 150 ribu atau setara Rp 1,9 miliar (kurs 1 US$ = Rp 13.333).

Titik balik desa ini dari miskin menjadi desa terkaya dimulai pada saat Industri dan Tekstil berkembang di desa ini. Tahun 2011, desa ini merayakan hari jadi yang ke-50 tahun dengan membangun gedung pencakar langit setinggi 328 meter. Meskipun mayoritas penduduk desa ini kaya, desa ini bebas, judi dan narkoba.

desa-terkaya-cina

Meski begitu, pajak penghasilan yang dikenakan kepada penduduk desa ini sangat tinggi melebih desa lain pada umumnya. Namun, pembayaran pajak yang besar berbanding lurus dengan manfaat yang penduduk desa ini rasakan. Setiap penduduk wanita yang di atas usia 50 tahun dan pria di atas 55 tahun menerima uang pensiun bulanan termasuk bahan makanan. Selain itu, dengan pajak yang tinggi para penduduk Huaxi mendapatkan villa, mobil baru serta penggunaan gratis fasilitas di Huaxi.

Sumber : Liputan6 & Rocket News