Di Negara Ini, Petugas Keretanya Anak-Anak

petugas-kereta-anak-anak-1

Kalau di Indonesia, petugas di kereta biasanya adalah para lulusan sekolah perhubungan atau orang dewasa lainnya yang telah menempuh pendidikan di bidang transportasi. Namun, sebuah negara di Eropa mempekerjakan anak-anak berusia 10 hingga 14 tahun sebagai petugas di jasa transportasi kereta.

Negara Eropa tersebut adalah Hungaria. Untuk menugaskan anak-anak menjadi pekerja di layanan transportasi kereta tersebut, Hungari memiliki tempat pendidikan yang bernama Gyermekvasútas Otton. Di tempat ini, anak-anak dilatih untuk menjadi masinis dan mengerti tugas-tugas di jasa layanan kereta.

petugas-kereta-anak-anak-2

Gyermekvasútas Otto terletak di pinggiran barat Budapest, untuk mencapai tempat ini dengan mobil membutuhkan waktu sekitar 17 menit dari kota atau 48 menit dari Bandara Budapest. Selain menggunakan mobil, lokasi ini juga bisa dijangkau dengan bus karena Gyermekvasutas Otton berada di pinggiran jalur Huvosvolgy, salah satu dari 10 kota terpencil di Budapest. Kota ini juga memiliki situs resmi sebagai panduan pariwisata-nya yang beralamat di budapest.com

petugas-kereta-anak-anak-3

Gyermekvasútas Otto bukanlah institusi pendidikan seperti sekolah, sehingga di tempat pendidikan dan pelatihan ini anda tidak akan menemui buku-buku pelajaran yang umumnya ditemui di sekolah. Di ruang kelasnya anda akan menemui berbagai poster mengenai prosedur-prosedur keselamatan kereta api,misalnya bagaimana jika seekor rusa masuk ke jalur kereta api. Tempat ini adalah tempat pelatihan untuk anak-anak bekerja di  Gyermekvasut 11,7 km (jalur kereta api jalur 7).

Kereta api yang melayani di jalur ini pun bukan kereta cepat pada umumnya. Kereta di daerah ini hanya berjalan dengan kecepatan maksimal 20 km per jam. Kereta ini memiliki jalur yang mengelilingi perbukitan Buda ke bukit Szechenyi di dalam hutan di pinggiran kota.

Meski begitu, masinis pada kereta ini tetaplah orang dewasa. Anak-anak bekerja pada tugas lain, seperti penjualan tiket, pusat informasi pengendalian sinyal dan jalur kereta. Di tempat ini setiap pagi anak-anak akan melakukan upacara untuk menerima jadwal dan pembagian tugas. Anak-anak yang diijinkan menerima pelatihan di tempat ini juga diseleksi secara ketat melalui proses pelatihan, dan penilaian akademis.

Tempat pelatihan anak ini dibangun oleh pemerintah Hungaria sebagai salah satu sarana untuk membangun generasi muda yang siap kerja, memiliki jiwa disiplin dan jiwa kepemimpinan.

Sumber : Detik Travel & BBC.