Gempa di Chili Terbesar di Dunia

gempa-chili

Indonesia pernah mengalami gempa besar yang sangat menghancurkan dan bahkan pernah ada yang menimbulkan tsunami besar sehingga mengakibatkan banyak korban jiwa dan kerusakan yang begitu besar. Sehingga pemulihannya pun membutuhkan waktu bertahun-tahun. Namun, gempa terbesar yang pernah terjadi adalah di negara Chili.

Gempa berkekuatan 9,5 SR terjadi di Chili pada tanggal 22 Mei 1960. Bahkan karena begitu dahsyatnya gempa, daerah dan negara lain yang jauhpun merasakan guncangannya. Beberapa daerah yang merasakan guncangan gempa Chili adalah Hawaii, Jepang, Filipina, Selandia Baru bagian timur, Australia sampai Kepulauan Aleut di Alaska.

Akibat gempa di Chili ini sekitar 1.655 orang tewas, ribuan orang luka-luka dan jutaan orang kehilangan tempat tinggi. Bagian selatan Chile pun mengalami kerugian materil sebesar US$ 550 juta saat itu. Para ahli memperkirakan gempa terjadi akibat melesaknya lempeng Nazca ke bawah lempeng Amerika Selatan. Sehingga gempa ini juga memicu tsunami yang menewaskan 61 orang di Hawaii, 138 orang di Jepang dan 32 orang di Filipina.

Sumber : Tribun News / BBC