Gereja Ini Mendadak Muncul Dari Dalam Air

Sebuah gereja mendadak muncul dari dalam air ke permukaan air. Namun, jangan memikirkan peristiwa mistis berkenaan dengannya.

Gereja ini muncul di Waduk Nezahualcoyotl, Chiapas, Meksiko. Gereja ini sebenarnya adalah sebuah gereja berusia 400 tahun yang ditenggelamkan pada tahun 1966. Dulunya gereja ini dikenal dengan nama Temple of Quechula. Gereja ini dibangun oleh biarawan bernama Friar Bartolome de la Casas pada abad ke-16. Biarawan ini cukup dikenal pada masanya karena membuat kebijakan yang sangat manusiawi berupa penghapusan perbudakan.

Pada tahun 1770 daerah di sekitar gereja yang juga berada di dekat kota Nueva Quechula dijangkiti penyakit menular. Sehingga sempat terabaikan. Tahun 1773-1776 pada bangunan gereja ditemukan plak yang mengganggu struktur bangunan.

(klik gambar untuk memperbesar)

Pada akhirnya daerah di sekitar gereja ini diputuskan untuk ditenggelamkan sebagai waduk untuk menyimpan cadangan air. Gereja tersebut ditenggelamkan dengan diresmikannya waduk tersebut pada tahun 1966.

Nah, sebenarnya gereja berukuran tinggi 55,7 meter, lebar 12 meter dan menara lonceng setinggi 14 meter ini sudah terendam oleh air waduk. Namun, karena sedang terjadi kekeringan, air di waduk menyusut hingga lebih dari 24 meter. Gereja ini pun kembali muncul terlihat.

Kemunculan gereja ini sendiri bukan yang pertama, pada tahun 2002 saat terjadi kekeringan, gereja ini sempat muncul ke permukaan karena menyusutnya volume air di waduk.

Dengan adanya kemunculan gereja ini, waduk ini menjadi sebuah tempat wisata pilihan oleh wisatawan dalam dan luar negeri di meksiko.

Baca juga tulisan lain yang berjudul Patung Yesus Tertinggi Dunia di Toraja.