Hewan Ini Penyebab Kematian Terbanyak di Dunia

nyamuk

Menurut anda, hewan apakah yang menyebabkan kematian terbanyak di dunia ? Singa ? Ular ? Buaya ? Jika anda menebak hewan-hewan buas, jawaban anda salah ! Ternyata hewan yang menyebabkan kematian terbanyak di dunia adalah nyamuk.

Tahun 2012, WHO (Organisasi Kesehatan Dunia) mencatat ada 627.000 kematian akibat malaria yang ditularkan oleh nyamuk Anopheles. Demam berdarah dengue (DBD) yang ditularkan oleh nyamuk Aedes, menjangkiti 390 juta orang pertahun. Sekitar 25.000 di antaranya meninggal dunia.

Bahkan tercatat dalam sejarah, di dalam perang antara Spanyol dan Amerika pada abad ke-19 jumlah kematian terbanyak bukan disebabkan oleh perang melainkan oleh gigitan nyamuk Aedes. Dalam catatan itu tertulis bahwa jumlah tentara yang tewas akibat demam kuning (Yellow Fever) adalah sebanyak 13 kali lebih banyak dari tentara yang tewas di dalam perang.

Selain menyebabkan kematian, nyamuk juga menyebabkan berbagai penyakit lain, seperti penyakit kaki gajah atau elephantiasis yang membuat pengidapnya cacat permanen.

Sedangkan pada jenis nyamuk mematikan lainnya, yaitu nyamuk Aedes (terutama A.aegypti dan A.albopictus) diduga menjadi penyebab penyakit mikrosefali melalui infeksi virus Zika yang mengakibatkan pertumbuhan kepala dan otak bayi menjadi tidak normal.

Gambar: National Geographic
Sumber : detik, tribun news, okezone