Inilah Gudang Emas Raksasa Amerika Serikat

fort-knox

Emas biasanya menjadi sebuah pelindung nilai kekayaan. Sehingga beberapa negara menyimpan hartanya berbentuk emas. Tidak terkecuali negara adidaya seperti Amerika Serikat. Amerika memiliki gudang emas raksasa yang terletak di Kentucky.

Gudang penyimpanan emas yang bernama United States Bullion Depository atau dikenal juga dengan nama Fort-Knox adalah salah satu tempat cadangan emas terkenal di dunia. Fort-Knox diperkirakan menyimpan 2,3% emas batangan yang ada di seluruh dunia. Fort-Knox memiliki sistem pengamanan berlapis dengan tembok beton, batu granit dan pintu baja anti ledakan. Untuk menunjang keamanannya, Fort-Knox berlokasi di salah satu kompleks pangkalan Angkatan Darat Amerika Serikat. Sehingga selain dijaga oleh personel militer, Fort-Knox juga dijaga oleh berbagai senjata pertahanan.

emas-batangan

Fort-Knox bukanlah satu-satunya tempat penyimpanan emas di Amerika Serikat. Masih ada beberapa tempat lain seperti Philadelphia Mint, Denver Mint, West Point Bullion Depository dan the San Francisco Assay Office.

Berdasarkan data tahun 2012 Amerika Serikat memiliki stok cadangan emas negara sebesar 8.965,6 ton dan bernilai US$ 418,39 miliar.

Sumber : Liputan6 & Detik Finance