Istana ini Tampak Seperti Kalung Raksasa

Bentuk sebuah istana yang terlihat megah mungkin saja sudah sering kita temukan. Namun, Istana tampak seperti kalung raksasa ini mungkin agak sedikit aneh. Tapi ini cukup menarik dan indah sekali lho jika di lihat dari pandangan yang jauh. Sungguh indah sekali!

Sebuah Istana yang dikenal dengan nama Mei-Ling dan terletak di atas bukit XiaoHong di timur Kota Nanjing ini dulu nya adalah rumah dari mantan Presiden Cina Chiang Kai-sek dan istrinya Soong Mayling, sebelum akhirnya mereka melarikan diri ke Taiwan pada tahun 1949.

Istana dengan nama Mei-Ling ini berasal dari nama istri Chiang Kai-Sek yang bernama Soong Mei-ling, dibangun pada 1931-1934. Alasan diberikan nama istri sang presiden adalah karena kesukaan sang istri mengunjungi istana ini.

Alasan mengapa bangunan ini berbentuk sebagai kalung, menurut cerita istana ini awalnya dibangun sebagai hadiah ulang tahun untuk sang istri dan didesain sebagai simbol cinta. Sebab memang jika dilihat dari ketinggian tertentu, istana ini berbentuk seperti kalung dengan permata di bagian tengahnya. Meski begitu, Dr. Sun Yat Sen, Direktur Kantor Peninggalan Budaya tidak sependapat dengan cerita yang beredar ini.

Bentuk tali kalung pada istana ini terbuat dari deretan pohon dengan dedaunan kuning di pinggiran jalan yang mengarah ke tempat tinggal. Atap istananya dibuat dengan bentuk atap bermotif seperti potongan zamrud.

Bangunan istana ini sempat direnovasi selama intensif selama satu tahun untuk memperkuat struktural, lantai dan bagian lainnya agar kokoh dan indah, sehingga menarik untuk dijadikan obyek wisata.

Selama beberapa tahun, bangunan istana ini sempat dijadikan sebagai wisma negara dan tertutup untuk umum. Namun, ada akhirnya pada tahun 2012 ada kebijakan dimana bangunan istana ini direnovasi dan dijadikan sebagai tempat wisata yang terbuka untuk umum. Dibawah pengelolaan yayasan Sun Yat-sen Mausoleum, museum ini dikunjungi oleh ribuan orang.

Berminat mengunjungi tempat wisata ini ? Sempatkan diri kalau anda ke Cina ^__^