Kartu Kredit Untuk Pembayaran Luar Negeri

Pada bulan Januari 2016, saya sempat kekurangan dana di Paypal untuk melunasi pembayaran hosting website saya. Karena memang sedang tidak ada pembayaran yang masuk ke paypal saya, untuk pertama kali nya saya menggunakan kartu kredit BCA saya untuk melakukan pembayaran.

Ternyata nilai kurs menggunakan kartu kredit lebih tinggi ketimbang nilai kurs yang tertulis di website BCA. Saya hitung dari total pembayaran yang saya bayarkan, ada selisih Rp 250 untuk per US $ 1. Jika transaksi nya sedikit, tidak masalah. Namun jika pembayaran dalam US $ nya besar. Cukup lumayan besar juga selisih nya.

Bagaimana nilai kurs pada kartu kredit bank lainnya ? Saya belum pernah coba. Karena sejauh ini baru 1 kartu kredit saja yang saya gunakan.

Sisi Keamanan

Dari sisi keamanan, saya melihat keamanannya kurang terjamin karena pada website yang penyedia hosting sistem pembayaran kartu kreditnya tidak menggunakan PIN. Padahal kartu kredit BCA saya sudah diaktivasikan penggunaan PIN nya untuk pembayaran. Bayangkan jika anda kehilangan kartu kredit anda, dan seseorang menggunakannya untuk berbelanja di website yang tidak memerlukan autentikasi PIN. Dengan mudahnya orang tersebut cukup memasukkan nomor kartu kredit kode CVV yang ada di kartu kredit.

Semoga ke depan nya sistem keamanan ini diperbaiki.