Kereta di China Ini Tidak Berjalan di Atas Rel

 

kereta-cina-tanpa-rel-2

Umumnya kereta berjalan di atas rel, namun sebuah teknologi baru dikembangkan oleh Cina dalam teknologi perhubungan. Sebuah kereta yang tidak berjalan di atas rel dan dapat berjalan di jalan raya. Bahkan kereta ini memiliki roda seperti bus pada umumnya.

Kereta unik yang tidak perlu berjalan di atas rel ini disebut dengan nama ART, singkatan dari Autonomous Rail Rapid Transit. Berbentuk mirip bus namun memiliki rangkaian seperti kereta api.

Konsep kereta ART ini adalah menggabungkan antara kereta, bus dan trem. Sehingga diupayakan agar kereta ini dapat berjalan secara otomatis dan tidak perlu berjalan di atas rel. Oleh karena itu, perusahaan transit kereta api China CRRC sebagai produsen ART menyebutnya sebagai “bus pintar.”

kereta-cina-tanpa-rel-1

kereta-cina-tanpa-rel-3

Bus pintar ini memiliki panjang 30 km dengan daya tempuh sejauh 25 km, untuk pengisian baterai nya cukup 10 menit.

Bus pintar ini berjalan dengan mengikuti lintasan garis putih (rel virtual), dengan bantuan sensor di sepanjang jalurnya, bus pintar ini dapat berjalan layaknya kereta api di rel.

Bus pintar ini mampu memuat 300 penumpang di ke-3 gerbongnya. Namun, diharapkan ke depannya akan mampu memuat 500 penumpang.  Bus ini diharapkan menjadi sebuah solusi transportasi massal di daerah yang kesulitan dana untuk membangun jalur khusus kereta api.

Sumber : Bored Panda