Kutu Raksasa Ini Hidup Di Dasar Laut

kutu-laut-raksasa

Di darat umumnya kutu berukuran kecil, tapi tahukah anda ternyata di dasar laut dalam (umumnya samudera) juga terdapat kutu. Tapi ukurannya sangat besar untuk ukuran kutu. Besar nya bisa mencapai sebesar kucing !

Kutu laut bernama ilmiah Bathynomus giganteus, ukurannya dapat mencapai hingga 40 cm. Kutu laut raksasa ini memiliki 7 pasang kaki yang hidup di tanah yang berlumpur di dasar lautan. Cara kutu laut raksasa ini melindungi dirinya adalah dengan menggulung badannya seperti bola bila ada yang mau memangsanya. Tubuhnya akan terlindungi oleh lapisan kulit punggungnya yang keras.

kutu-laut-raksasa-2

Kutu laut raksasa ini biasanya hidup di kedalaman 500 sampai 6000 meter di bawah permukaan laut. Untuk dapat melihat kutu laut raksasa ini perlu menggunakan alat menyelam khusus yang dapat bertahan dari tekanan air. Kutu laut ini hidup dengan memakan sisa-sisa makanan yang jatuh ke dasar laut. Bahkan, kutu laut raksasa juga memangsa binatang yang bergerak sangat lambat seperti teripang dan spons.
Kemampuan bertahan hidup kutu laut raksasa ini cukup mengagumkan, kutu laut ini bisa bertahan tanpa makanan selama berhari-hari.

Gambar : MentalFloss
Sumber : Tribun News