Mengenal HTML5

HTML5 adalah standar baru dalam penulisan kode HTML. HTML5 ini memiliki berbagai fitur yang tidak ada di dalam HTML 4.

HTML5 dimaksudkan untuk penggolongan tidak hanya HTML 4, tetapi juga XHTML 1 dan DOM Level 2 HTML.

HTML5 dirancang untuk memberikan hampir semua yang Anda ingin lakukan secara online tanpa memerlukan plugin tambahan. COntoh dari hal itu adalah segala sesuatu dari animasi untuk aplikasi, musik untuk film, dan HTML5 juga dapat digunakan untuk membangun aplikasi rumit yang berjalan di browser Anda.

HTML5 juga termasuk dalam kode pemrograman website yang cross-platform. Tidak peduli apakah Anda menggunakan tablet atau smartphone, netbook, notebook atau Smart TV, anda dapat mengakses halaman yang dibangun oleh HTML5

HTML5 juga dapat digunakan untuk menulis aplikasi web yang dapat tetap bekerja ketika Anda tidak online.

HTML5 didukung oleh berbagai vendor besar dunia,seperti AOL, Apple, Google, IBM, Microsoft, Mozilla, Nokia, Opera, dan ratusan vendor lainnya.

Meskipun dukungan terhadap penggunaan HTML5 belum menyeluruh. Namun, semua browser utama mendukung banyak elemen HTML5 baru dan API.

Penulisan HTML5 diawali dengan deklarasi <!doctype>:


Sebuah dokumen HTML5 minimal harus memiliki kode-kode seperti ini:

<meta charset="UTF-8" />

Content of the document......

Fitur baru di HTML5 :

  • <canvas> element untuk dapat menggambar 2D
  • <video> dan <audio> element untuk pemutar media seperti musik atau video
  • mendukung penyimpanan lokal (local storage)
  • element-element baru untuk content website yang lebih spesifik, seperti <article>, <footer>, <header>, <nav>, <section>
  • beberapa form-control baru, seperti calendar, date, time, email, url, search

Saat ini HTML5 belum menjadi standar di seluruh browser dan belum semua browser mendukung secara penuh penggunaan HTML5. Namun, meski begitu beberapa browser yang dominan digunakan saat ini (Safari, Chrome, Firefox, Opera, Internet Explorer) terus mengembangkan kemampuannya untuk dapat mendukung penggunaan HTML5.