Mengenal Investasi Saham

saham

Saham adalah kepemilikan dari suatu bentuk usaha. Jadi dengan memiliki saham, berarti kita ikut menaruh modal pada suatu jenis badan usaha. Saham tidak terbatas pada sebuah usaha yang didaftarkan pada Bursa Efek saja, tapi saham juga bisa berarti kepemilikan atas suatu usaha dengan perjanjian bersama. Tapi, kali ini saya mau bahas mengenai investasi saham yang didaftarkan di Bursa Efek.

Saat ini investasi saham bukan suatu hal yang jarang diketahui orang, banyak orang mengetaui mengenai saham tapi tidak mengerti secara jelas mekanisme investasinya.

Suatu perusahaan biasanya mendaftarkan diri di Bursa Efek untuk mencari modal tambahan dalam pengembangan usahanya. Nantinya apabila sudah terdaftar, masing-masing perusahaan akan memiliki kode untuk nama sahamnya (emiten).

Jika anda mau berinvestasi di saham, maka anda harus membeli lembar saham yang dijual di Bursa Efek tersebut melalui para perusahaan sekuritas.

Harga saham masing-masing perusahaan tentu berbeda-beda. Ada saham yang harganya di bawah Rp 1000 per lembarnya, ada juga saham yang harga nya mencapai jutaan per lembarnya. Bagaimana harga saham terbentuk, nanti saya jelaskan di artikel lain.

Memulai Investasi Saham

Untuk memulai investasi saham ada beberapa hal yang harus anda lakukan, diantaranya :

  • mendaftarkan diri di salah satu perusahaan sekuritas
  • membuat rekening efek atau rekening dana investor atau rekening dana nasabah
  • melakukan penambahan dana di rekening dana investor anda

Biasanya pertimbangan saya dalam memilih perusahaan sekuritas adalah yang sudah terdaftar secara resmi, besarnya setoran dana minimum dan biaya transaksi. Karena tulisan ini hanya untuk mengenal mengenai saham, mengenai cara memilih sekuritas yang aman akan saya tulis di artikel lain.

Keuntungan Investasi Saham

Secara pribadi saya membedakan antara investasi saham dengan trading saham. Kalau investasi saham, saya lebih mengartikan dengan membeli saham suatu perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek dan saya memperoleh keuntungan dari hasil kinerja perusahaan (deviden) yang dibagian minimal 1 kali dalam setahun. Tapi tentu biasanya hasil investasi saham akan lebih kecil ketimbang Stock Trading (Jual Beli Saham). Tinggal bagaimana pilihan anda.

Keuntungan Stock Trading (Jual Beli Saham)

Stok Trading atau Trading Saham atau Jual Beli Saham tidak jauh berbeda dengan jual beli barang fisik, hanya produknya saja yang membedakan. Anda membeli saham suatu perusahaan dengan harga tertentu lalu menjual nya lebih mahal untuk mengambil keuntungan. Biasanya hasil stock trading lebih menguntungkan ketimbang investasi saham. Tapi untuk melakukan stock trading anda perlu mempelajari berbagai hal dalam proses trading, seperti analisa teknikal dan analisa fundamental.

Besaran Keuntungan Stock Trading

Seberapa besar anda bisa memperoleh keuntungan dari Stock Trading ? Itu tergantung pada kemampuan masing-masing orang dalam ber-trading. Semakin mahir dia semakin besar keuntungan yang bisa didapat. Bisa saja dalam 1 kali transaksi beli dan jual seseorang menghasilkan keuntungan 5%, atau hanya 1%.

Baca tulisan lainnya : Tips Memilih Perusahaan Sekuritas