Mengurus Klaim Garansi Harddisk Seagate

harddisk-external-seagate

Tanggal 7 Juni 2017 ketika saya memasangkan harddisk external seagate saya ke laptop windows ternyata tidak terbaca. Padahal di Macbook Pro saya tidak ada masalah. Dugaan saya sementara mungkin karena perbedaan format file. Lalu saya coba mencari berbagai informasi di situs resmi Seagate maupun di forum-forum diskusi hardware.

Ada beberapa hal yang saya lakukan. Pertama, saya mencoba memformat ulang harddisk external saya di Mac ke format ExFat namun dengan scheme MBR. Tapi hasil nya gagal. Saya coba lagi dengan mengubah ke format ExFat scheme GUID. Hasil nya tetap gagal. Akhirnya saya coba ke format FAT3, dengan scheme GUID dan MBR. Namun, tidak ada satu pun yang berhasil.

Lalu, saya temukan opsi lain, yaitu mengubah nya ke format NTFS. Namun, untuk menggunakan format NTFS ini pada Mac perlu menggunakan aplikasi tambahan agar bisa melakukan read-write. Di forum internet beberapa orang menyarankan saya untuk menggunakan aplikasi Tuxera NTFS. Aplikasi ini berbayar tapi ada free trial selama 15 hari. Hdd external saya pun akhirnya diformat kembali di Mac saya ke format NTFS menggunakan aplikasi Tuxera NTFS trial. Ternyata gagal juga.

Saya coba cari solusi lain. Saya temukan ada 1 jalan terakhir, yaitu melakukan zero-fill secara under-dos. Tapi ternyata estimatiin time nya 10jam 55menit. Saya merasa ini tidak wajar.

Akhir nya opsi terakhir, saya coba hubungi penjualnya untuk memproses garansi. Akhirnya saya dapat info bahwa harus diproses oleh PT Astrindo. Tapi, tidak jelas alamat dan telponnya. Saya cari di situs Seagate, ditemukan bahwa klaim garansi dapat diurus ke PT Astrindo Starvision.

PT Astrindo Starvision
(Service Center Seagate)
Jl. Gunung Sahari Raya No.1
Ruko Mangga Dua Square Blok G23
Jakarta 14430, Indonesia
Telp: 6221 62311331
Fax: 6221 62312331

Lokasi service center nya berada dalam satu komplek dengan Mangga Dua Square. Hasil pengecekan oleh pihak service center seagate (PT Astrindo), ada kerusakan pada fisik harddisk. Karena masih garansi, harddisk eksternal saya diganti dengan yang baru.

Selesai-lah masalah harddisk eksternal seagate saya.