Monumen Nasional (Monas)

Monumen Nasional atau yang lebih dikenal dengan Monas, dibangun pada Bulan Agustus 1959 di bawah pemerintah Presiden Suharto, dan dibuka untuk umum pada tanggal 12 juli 1975. Monumen ini berada di pusat kota Jakarta, yaitu di Lapangan Monas Jakarta Pusat, atau ke arah selatan dari Istana Negara di Jakarta. Monumen setinggi 132m ini sangat terkenal karena pada bagian tugu atasnya dilapisi emas seberat 45kg.

Untuk menuju ke Monas ada berbagai cara yang mudah dan hemat, yaitu dengan Kereta Listrik Jabodetabek dan menggunakan Trans Jakarta. Jika anda menggunakan kereta listrik, anda dapat turun di Stasiun Gambir dan berjalan kaki menuju Monas, jaraknya tidak terlalu jauh. Jika menggunakan Trans Jakarta, anda dapat turun di halte sekeliling Monas. Tarif kereta listrik cukup terjangkau, saat artikel ini saya tulis hanya Rp 7000 (Commuter Line) dan Trans Jakarta hanya Rp 3500 untuk per orangnya. Saya sarankan jika anda ingin bebas macet dan sampai di tempat ini lebih cepat, pergunakanlah kereta listrik Jabodetabek.

Jam Buka Monas : Selasa – Minggu Pkl 09.00 – 16.00 WIB

Tarif masuk Monas : Rp 2500

Tarif naik ke Puncak Monas : Rp 7000 (dewasa) dan Rp 3.500 (anak – anak)

Peta Lokasi Monumen Nasional (Monas) :


View Larger Map

Monas adalah salah satu destinasi wisata sejarah yang ada di Jakarta. Selain tempat bersejarah di sekeliling Monas juga terdapat taman yang cukup rimbun dengan kolam air di berbagai sisi taman. Selain taman dan kolam, di Monas juga terdapat rusa – rusa yang dibiarkan secara bebas. Untuk menghilangkan kejenuhan hidup di antara gedung bertingkat dan berbagai pemukiman, Monas bisa menjadi salah satu tujuan destinasi wisata.

Jika anda sedang berada atau tinggal di Jakarta dan belum tahu tempat wisata apa saja yang ada di Jakarta, kunjungi juga halaman Pariwisata Jakarta yang akan menginformasikan berbagai tempat wisata di Jakarta yang saya kumpulkan juga sebagai bahan informasi saya berwisata 🙂 .