Motor Matic Sport Yamaha N Max

Honda sudah memiliki motor matic versi premium berupa Honda PCX dengan harga Rp 39.800.00. Kini Yamaha pun mengeluarkan versi motor sport matic kelas premium berupa Yamaha N Max. Motor ini dikabarkan akan segera memulai penjualannya pada bulan Februari 2015. Menurut berita dari berbagai situs otomotif, motor ini akan dijual dengan harga Rp 27,4 juta, jauh lebih murah ketimbang Honda PCX yang ada di kisaran Rp 39,8 juta.

Yang membedakan motor matic Yamaha N Max ini dengan motor matic lainnya adalah,

1. penggunaan rem ABS yang biasanya digunakan oleh motor sport manual, dengan ini ban belakang dan depan motor menggunakan rem berupa disc brake

2. menggunakan teknologi Blue Core seperti yang telah digunakan oleh motor Yamaha Mio Blue Core, tentu dengan penggunaan teknologi Blue Core motor ini diklaim lebih hemat bahan bakar dibandingkan motor matic pada umumnya

3. bobot lebih ringan dibandingkan Honda PCX, dengan berat isi 127kg motor Yamaha N Max ini tentu lebih ringan ketimbang Honda PCX. Honda PCX sendiri memiliki bobot kosong 129kg

4. kapasitas mesin 155cc, sedikit lebih besar ketimbang Honda PCX yang 152,9cc

5. terdapat multi information display (MID) dengan fitur terbaru yakni Oil Trip Meter. Fungsinya, menunjukkan jarak yang telah dicapai saat indikator bahan bakar di sebelah kanan spidometer telah berkedip. Ada V-Belt Trip yang berfungsi menginformasikan jarak pemakaian V-Belt CVT.

honda-pcx-yamaha-nmax-

Selain itu yang tidak kalah menarik adalah motor ini akan diproduksi di Indonesia untuk didistribusikan tidak hanya di Indonesia, melainkan juga ke negara lain. Sejauh ini motor Yamaha yang benar-benar diproduksi di Indonesia adalah motor sport Yamaha R25. Dengan diproduksinya motor ini di Indonesia, maka Indonesia akan menjadi negara pertama dimana motor matic Yamaha N Max ini akan dijual.

Spesifikasi Yamaha N Max

Warna Yamaha N Max : Merah Maroon, Putih, Hitam

Dimensi Yamaha N Max:

P x L x T : 1955 x 740 x 1115 mm
Jarak Sumbu Roda : 1350 mm
Tinggi Tempat Duduk : 765 mm
Berat Isi : 127 Kg
Kapasitas Tangki : 6,6 L

Mesin Yamaha N Max :

Type Mesin : Liquid Cooled 4 Stroke, SOHC
Jumlah Silinder : Single Cylinder
Diameter x Langkah : 580 x 58,7 mm
Perbandingan Kompresi : 10,5 : 1
Daya Maksimum : 11,4 kW / 8000 rpm
Torsi Maksimum : 14,4 Nm / 8000 rpm
Sistem Bahan Bakar : Fuel Injection
Sistem Starter : Electric Starter
Sistem Pelumasan : Basah
Kapasitas Oli : 1 L, penggantian berkala 0,9L
Tipe Kopling : Kering, Centrifugal Automatic
Tipe Transmisi : V-Belt Automatic

Rangka Yamaha N Max :

Type Rangka : Underbone
Suspensi Depan : Tipe Teleskopik
Suspensi Belakang : Unit Swing
Ukuran Ban Depan : 110/70 – 13 M/C 48P
Ukuran Ban Belakang : 130/70 – 13 M/C 63P
Rem Depan : Single Disc Brake (ABS)
Rem Belakang : Single Disc Brake (ABS)

Kelistrikan Yamaha N Max :

Sistem pengapian : TC
Battery : YT27V
Tipe busi: NGK / CPR8EA – 9

Sejauh ini, motor Yamaha yang menggunakan teknologi motor Blue Core adalah Nozza Grande (Vietnam), Grand Filano (Thailand), dan New Mio M3 125 (Indonesia). Ini artinya Yamaha N Max menjadi motor ke empat yang menggunakan teknologi Blue Core.

Desain Yamaha N Max

Pada desain Yamaha N Max sebagian mengadopsi desain yang ada pada Yamaha T Max dengan body yang berukuran lebih besar, namun tentunya dengan modifikasi agar motor ini terlihat lebih ramping namun efisien.

Desain Lampu depan menggunakan desain LED ganda, begitu juga dengan lampu belakang. Pijakan kaki cukup besar, setang model bumerang, dikombinasi dengan panel digital yang membulat. Bagasi-pun tergolong luas.

Mampu Lewati Banjir 50cm

Yamaha meng-klaim bahwa motor Yamaha NMax ini mampu melewati banjir setinggi 50cm. Alasannya, filter di NMAX dibuat kedap, jadi udara hanya diambil dari filter. Sehingga aman untuk melewati banjir. Selain itu, duck tail yang biasa menghisap udara ke bagian CVT juga sudah dibuat lebih tinggi. Ujung duck tail tersebut diletakkan mengikuti kerangka bodi dengan ketinggian sekitar 70 cm.

Pengalaman Pengguna Yamaha NMax

Berbagai pengguna menyatakan puas menggunakan Yamaha NMax untuk melakukan aktifitas touring. Salah satu yang menjadi sorotan saya ada penggunaan touring dengan jalur melewati pegunungan. Yamaha NMax mampu mendaki jalur Puncak – Bogor dengan nyaman.

Baca juga ulasan saya mengenai Motor Trail Viar, motor trail lokal berkualitas.