Motor Matic Yamaha All New Soul GT 125

Setelah sebelumnya Yamah Indonesia memperkenalkan Motor Matic Sport Yamaha N Max, kini Yamaha Indonesia kembali memperkenalkan varian baru motor matic (skutik) dengan nama Yamaha All New Soul GT 125.

Sebuah keuntungan bagi para penggemar motor matic, baik yang ingin beralih ke motor matic maupun yang ingin mengganti motor nya dengan motor matic. Dengan semakin bertambahnya varian motor matic (skutik), semakin banyak pilihan untuk menentukan mana motor matic yang semakin tepat untuk dimiliki dan dikendarai dalam aktivitas setiap hari.

Dengan hadirnya Motor Matic Yamaha All New Soul GT 125, Yamaha kini sudah menghadirkan 3 buah motor berteknologi Blue Core. Sebelumnya sudah ada 2 motor lain yang sudah berteknologi Blue Core, yaitu Yamaha Mio M3 125 dan Yamaha N Max.

Kalau dilihat secara fisik, Motor Matic Yamaha All New Soul GT 125 sepertinya hasil kolaborasi dari desain pada motor Mio M3 125 dan NMAX. Desainnya dibuat lebih maskulin, kerangka dan bentuk body dibuat compact untuk memudahkan motor bermanuver di tengah kepadatan lalu lintas.

Spesifikasi Yamaha All New Soul GT 125

Kapasitas mesin : 125cc
Mesin : Silinder Tunggal Air cooled 4-stroke, SOHC
Daya maksimum : 7.0 kW pada 8000 rpm
Torsi maksimum : 9,6 Nm pada 5500 rpm
Sistem bahan bakar : Fuel Injection

Ukuran (panjang x lebar x tinggi) : 1.870 mm x 685 mm x 1.070 mm
Jarak sumbu rodanya : 1.260 mm
Jarak terendah ke tanah : 135 mm
Tinggi tempat duduk : 760 mm
Berat isinya : 96 kg
Kapasitas tangki bensin: 4,2 liter

Tipe rangka : underbone
Suspensi depan : teleskopik
Suspensi belakang : unit swing
Ban depan : 80/80 – 14M/C 43P
Ban belakang : 100/70 – 14M/C 51P
Warna motor : Challenger Gunmetal (abu-abu), Victory Red (merah), Bravery Black (hitam), dan Explorer White (putih)

Harga Motor Matic Yamaha All New Soul GT 125 Rp 15,1 juta (OTR Jakarta)

Belum ada informasi berapa harga yang akan dikenakan untuk Motor Matic Yamaha All New Soul GT 125 di luar pulau Jawa dan Bali.

Meskipun memiliki kapasitas mesin sebesar 125cc, Yamaha mengklaim tenaga pada motor ini lebih besar ketimbang Mio M3 125. Sistem pengereman pada motor ini menggunakan disc brake pada roda depan dan drum brake pada roda belakang. Pada bagian indikator lampu terdapata, Eco Lamp Indicator yang memudahkan pengendaranya untuk mengetahui cara berkendara irit. Bagasi pada motor ini tergolong luas dengan kapasitas bagasi sebesar 14 liter, bagasi pada motor mampu menampung helm berbentuk half face.  Busa pada jok motor didesain tebal, mendukung untuk perjalanan jauh dan lama. Pijakan kaki dibuat lebih luas, agar kaki nyaman saat berkendara.

Target Pasar Motor Matic Yamaha All New Soul GT 125

Yamaha menargetkan Motor Matic Yamaha All New Soul GT 125  ini digunakan oleh para pria berusia 20 hingga 28 tahun dengan penghasilan Rp 3 hingga Rp 7 juta. Alasannya adalah lifestyle. Meski begitu, bukan berarti motor ini tidak cocok untuk digunakan oleh wanita, wanitapun dapat menggunakan motor ini.

Opini Yamaha All New Soul GT 125

Dengan target pemiliki motor ini berpenghasilan antara Rp 3 juta hingga Rp 7 juta, saya pribadi mempertanyakan harga spare part original yang akan dijual dipasaran. Apakah ini berarti harga spare part nya cukup tinggi ? Mungkin nanti kita baru dapat mengetahui beberapa bulan setelah motor matic ini beredar di pasaran. Lalu target pasarnya adalah pria, apakah ini memperhitungkan sisi keamanan karena tarikan motor yang lebih bertenaga ?

Dilihat dari targetnya dan desain rancangan mesinnya, sepertinya inilah motor yang dihadirkan Yamaha untuk menghadapi Honda Vario 125. Selain itu di sisi harga, motor ini dibanderol lebih murah ketimbang Honda Vario 125 yang dijual dengan harga Rp 16,9-17,5 juta (125cc) atau kisaran Rp 19-20 juta untuk Vario 150cc.

Yang jadi pertanyaan saya bagaimana dengan Yamaha GT125 dan Xeon RC ? Apakah produksi dan pemasarannya akan dihentikan ? Karena tentu orang akan memilih untuk memilih motor dengan desain dan teknologi terbaru.