Motor Trail Viar

Sejauh ini motor trail yang umum saya dengar orang gunakan adalah motor trail Kawasaki KLX150, Suzuki TS125 dan Kawasaki D’Tracker 150. Meskipun ada juga beberapa merk motor lainnya seperti motor trail merek KTM. Tapi harganya cukup tinggi dibandingkan motor sport seperti Yamaha V-ixion, Honda CB150R dan sebagainya. Untuk Kawasaki KLX150 saja dijual dikisaran harga Rp 26 juta, sedangkan untuk KTM dengan kisaran harga di atas Rp 80 juta. Cukup mahal dan tidak terjangkau semua kalangan. Namun, akhir tahun 2014 lalu¬† Viar Motor Indonesia mengeluarkan beberapa motor trailnya dengan harga yang sangat kompetitif.

Motor Trail Viar VX1

motor-trail-viar-vx1-150cc

Spesifikasi Motor Trail Viar VX1

motor-trail-viar-vx1-body

motor-trail-viar-vx1-mesin

Motor Trail Viar VX2

motor-trail-viar-vx2-150cc

Spesifikasi Motor Trail Viar VX2

motor-trail-viar-vx2-body

motor-trail-viar-vx2-mesin

Diantara Motor Trail Viar VX 1 atau VX2 sebagian orang yang menggunakan motor ini untuk offroad lebih memilih Motor Trail Viar VX2 karena berbobot lebih ringan, sehingga mudah diangkat jika selip di medan berlumpur. Untuk tenaga Motor Trail Viar VX 1 maupun VX2 cukup mumpuni untuk digunakan dijalan lumpur dan pedalaman. Beberapa orang yang memberikan review di forum-forum mengatakan mereka menggunakan motor ini menjelajah pedalaman kalimantan yang masih banyak hutan-hutan. Untuk Viar VX1 memiliki jok yang lebih lebar dan besar ketimbang VX2, terasa lebih nyaman saat ditunggangi.

Motor Trail Viar Cross X 200

Motor Trail Viar Cross X 200 SE ini dijual dengan harga berkisar mulai Rp 18.320.000.

motor-trail-viar-cross-x-200

Spesifikasi Motor Trail Viar Cross X 200

motor-trail-viar-cross-x-200-body

motor-trail-viar-cross-x-200-mesin

Motor Trail Viar Cross X 200 SE

Motor Trail Viar Cross X 200 SE ini dijual dengan harga berkisar mulai Rp 20.320.000.

motor-trail-viar-cross-x-200se-orange

Spesifikasi Motor Trail Viar Cross X 200 SE

motor-trail-viar-cross-x-200se-mesin

motor-trail-viar-cross-x-200se-body

Motor Trail Viar Cross X 200 SE ini sempat diuji oleh tabloid Motor Plus. Menurut testing yang dilakukan motor ini cukup memadai untuk aktivitas offroad jalan menanjak. Pada transmisi 1-3 memiliki tenaga yang cukup besar untuk melalui medan jalan yang penuh tanjakan dan terjal. Sedangkan transmisi 4-5 hanya mumpuni untuk digunakan di jalan lurus untuk mencapai kecepatan maksimal.

Meski begitu menurut tester dari tabloid tersebut motor ini masih kurang maksimal untuk kompetisi. Untuk penggunaan pribadi yang menyukai aktivitas motor offroad, motor ini patut dicoba karena cukup mumpuni.

Selain itu beberapa kondisi lain yang tidak diketahui adalah saat test dilakukan oleh tabloid motor plus, test hanya dilakukan oleh seorang pengendara tanpa berboncengan. Sehingga tidak diketahui bagaimana tenaga motor saat digunakan untuk berboncengan di jalanan yang menanjak.

Anda juga bisa melihat video test Motor Trail Viar Cross X 200 SE ini di Youtube pada link Video Test Ride Viar Trail Cross X 200 cc.

Spare part Motor Trail Viar

Beberapa orang mungkin ragu dengan motor lokal ini karena masalah spare part nya. Sebab seperti kita tahu bahwa motor viar sendiri belum banyak memiliki bengkel resmi. Namun, jangan khawatir beberapa orang yang sudah memiliki motor viar bertahun-tahun mengatakan bahwa spare part motor ini dapat dipesan untuk dikirimkan ke tempat anda. Selain itu khusus motor trail viar dapat menggunakan spare part dari berbagai motor merek Jepang. Umumnya pada motor trail viar ini orang menggunakan spare part motor Honda GL Pro, Honda Tiger atau Honda Mega Pro.

Baca juga mengenai Motor Matic Sport Yamaha N Max, sebuah motor matic baru keluaran Yamaha pesaing Honda PCX.

Februari 2015, Viar Motor Indonesia juga menghadirkan seri baru motor trail, yaitu Motor Trail Viar Cross X 250 SE.