Museum Bank Indonesia

Museum Bank Indonesia adalah salah satu obyek wisata sejarah di Indonesia yang ada di kota Jakarta. Museum ini menempati gedung De Javasche Bank, yang dibangun pada tahun 1828. Di Museum Bank Indonesia ini anda dapat mengetahui perjalanan sejarah dunia perbankan di Indonesia, sejarah bentuk mata uang Indonesia, sejarah perdagangan rempah-rempah di Indonesia, dan bahkan di sini juga ada berbagai sejarah mata uang dari seluruh dunia.

Untuk menuju ke Museum Bank Indonesia ini anda dapat menggunakan kendaraan pribadi atau transportasi umum. Jika anda menggunakan transportasi umum, kendaraan yang paling saya rekomendasikan adalah Commuter Line (kereta rel listrik Jabodetabek) atau menggunakan TransJakarta. Jika menggunakan Commuter Line, anda akan turun di Stasiun Kota. Sedangkan jika menggunakan TransJakarta, anda turun tepat di depan Museum Bank Indonesia.

transjakarta

Di Museum Bank Indonesia, anda tidak diperkenankan membawa tas. Jadi tas anda harus dititipkan pada petugas penitipan saat anda memasuki pintu masuk gedung Bank Indonesia. Namun, tentu kamera dan handphone diijinkan untuk dibawa masuk. Di Museum ini saat saya kunjungi tidak ada informasi mengenai jasa pemandu wisata museum. Namun, meski begitu tersedia alat pemandu museum disebut APIB (Alat Pemandu Informasi Bersensor). Alat pemandu inilah yang akan memberikan informasi mengenai benda-benda museum dengen mendekatkan sensornya pada sensor di benda koleksi museum. Biaya sewanya saat saya mengunjungi Museum Bank Indonesia ini pada September 2013 sebesar Rp 50.000 (lima puluh ribu rupiah). Biaya nya mungkin saja mengalami perubahan saat anda mengunjungi Museum Bank Indonesia ini.

Biaya masuk museum ini Gratis !!! Begitupun biaya parkir di Museum Bank Indonesia ini gratis. Namun, anda harus membawa STNK asli jika ke Museum Bank Indonesia ini untuk keperluan keamanan saat anda meninggalkan area parkir. Meski begitu, areal parkir di Museum Bank Indonesia tidak begitu luas. Sehingga jika anda tidak mendapat tempat parkir untuk kendaraan anda, anda harus memparkir kendaraan di areal parkir Kota Tua. Areal parkir pada Kota Tua ini sebenarnya terhitung sebagai daerah parkir liar. Namun, para petugas parkir di Kota Tua ini mengenakan seragam. Mungkin dikelola oleh Pemda…

Jadwal buka Museum Indonesia

Selasa – Jumat : Pkl 07.30 – 15.30 WIB
Sabtu – Minggu : Pkl 08.00 – 16.00
* Sedangkan pada hari Senin dan Hari Libur Nasional, Museum Bank Indonesia ini tutup.

Alamat Museum Bank Indonesia

Facebook: Museum Bank Indonesia
Twitter: @MuseumBI

Jl. Pintu Besar Utara No. 3
Jakarta Barat – Indonesia
Telp. 62-21-2600158
Fax. 62-21-2601730

Jika anda kesulitan menemukan Museum Bank Indonesia, berikut ini adalah gambar denah Museum Indonesia pada peta.

denah-museum-bank-indonesia

Mengunjungi tempat ini sangat bagus bagi anda dan keluarga, selain bisa mempelajari sejarah dan budaya Indonesia lebih lagi, tentunya memperluas wawasan anda mengenai sejarah perbankan Indonesia.

Kunjungi juga halaman Pariwisata Jakarta yang berisi informasi berbagai tempat wisata di Jakarta.