Negara Ini Memberi Uang Kepada Para Pengangguran

euro

Kalau negara membantu menciptakan lapangan pekerjaan atau memberikan pelatihan keterampilan bagi para penggangguran sudah sering dilakukan. Namun, salah satu negara di Eropa Utara ini bertindak berbeda. Negara ini memberikan uang sebesar 560 Euro atau sekitar Rp 9 juta bagi penduduk yang menganggur.

Negara tersebut adalah Finlandia. Tujuan pemberian uang ini diharapkan dapat membantu mengurangi angka kemiskinan dan meningkatkan lapangan kerja. Pemberian uang ini sudah berjalan sejak awal Januari 2017, dan rencananya akan diujicoba selama 2 tahun pelaksanaannya.

Meski begitu, uang ini masih sangat jauh di bawah rata-rata pendapatan warga yang bekerja di sektor swasta, yaitu sebesar 3.500 euro atau sekitar Rp 53 juta per bulan.

Selain itu tujuan pemberian uang tunjangan bagi para pengangguran ini dilakukan karena para pengangguran seringkali menolak pekerjaan dengan upah rendah atau dengan masa kerja singkat. Para pengangguran khawatir, jika mereka menerima pekerjaan tersebut mereka akan kehilangan tunjangan keuangan dari pemerintah. Dengan adanya pemberian uang ini diharapkan, para pengangguran mau melakukan pekerjaan apapun tanpa khawatir kehilangan tunjangannya.

Diketahui bahwa jumlah penduduk Finlandia ada 5,5 juta jiwa dengan jumlah pengangguran sebanyak 8,1 % dari seluruhnya. Kebijakan tidak lazim ini dilakukan oleh Perdana Menteri Juha Sipila.

Gambar : CNN
Sumber : Kompas