Peluang Usaha Penerjemah Bahasa Asing

Bekerja sebagai penerjemah bukanlah sebuah pekerjaan umum, masih sedikit yang menekuni pekerjaan ini. Namun, tahukah anda pekerjaan sebagai penerjemah baik secara freelance ataupun fulltime adalah sebuah pekerjaan yang sudah banyak dilakukan oleh banyak orang di berbagai belahan dunia. Jika anda mencari informasi di situs-situs pekerjaan freelance internasional, anda akan mendapati banyak tawaran pekerjaan freelance untuk menerjemahkan dokumen, buku dan sebagainya. Sebenarnya seberapa besar penghasilan dari bekerja sebagai penerjemah ? Ikuti ulasan berikut ini.

Andina Margaretha Rorimpandey adalah salah satu contoh seorang penerjemah bahasa Prancis asal Indonesia yang kini tinggal di Paris untuk menempuh pendidikan pasca sarjana di Institut National des Langues et Civilisations Orientals (INALCO) Paris. Wanita ini telah 14 tahun menekuni pekerjaan ini, baik sebagai penerjemah di kedutaan Indonesia di Prancis maupun sebagai penerjemah freelance. Dari hasil kerjanya menerjemahkan Bahasa Prancis ke Bahasa Indonesia, ia mampu berjalan-jalan secara gratis keliling eropa yang ditanggung oleh para wisatawan asal Indonesia yang ingin keliling eropa. Meski tidak diungkapkan berapa bayaran yang diterimanya untuk menerjemahkan setiap lembar dokumen. Namun Andina menginformasikan bahwa dengan menerjemahkan dokumen dari 30 klien, dalam sebulannya ia dapat memperoleh penghasilan lebih dari 10 juta rupiah.

Cerita lain lagi berasal dari seorang penerjemah Bahasa Italia bernama Tanti Susilawati. Dia mengungkapkan untuk menjadi penerjemah freelance sebuah perusahaan biasanya dia meminta bayaran sebesar 250 hingga 400 Euro per delapan jam bergantung pada siapa kliennya.

Seorang penerjemah lain yang menerjemahkan Bahasa Turki, Rizki Apriansyah, mengemukakan rata-rata penghasilannya perhari sebesar US $ 150. Dalam sebulan minimal Rizqi dapat memperoleh penghasilan 7 juta rupiah dengan jam kerja yang tidak sebanyak bekerja di kantor.

Nah, bagaimana dengan anda ? Apakah tertarik untuk menjadi penerjemah bahasa asing ?

Referensi :
Kisah Sukses Andina Sang Penerjemah, Pernah Jadi PRT Hingga Dosen di Paris. 5 Desember 2014. http://wolipop.detik.com/read/2014/12/05/113521/2768644/1133/2/kisah-sukses-andina-sang-penerjemah-pernah-jadi-prt-hingga-dosen-di-paris

Bekerja Jadi Penerjemah, Berapa Gaji yang Bisa Didapat?. 5 Desember 2014. http://wolipop.detik.com/read/2014/12/05/120458/2768669/1133/bekerja-jadi-penerjemah-berapa-gaji-yang-bisa-didapat