Rumah Sakit Mata Ini Berbentuk Pesawat Terbang

Orbis Rumah Sakit Mata Pesawat Terbang

Jika biasanya rumah sakit berbentuk gedung, sebuah rumah sakit mata berbentuk pesawat terbang. Rumah sakit khusus mata ini ORBIS Internasional yang berasal dari New York, Amerika Serikat.

Pesawat yang digunakan sebagai tempat operasional bisa terbang ke berbagai negara untuk kepentingan medis. Pesawat yang digunakan sebagai rumah sakit mata ini diberi nama “Flying Eye Hospital”. Orbis adalah salah satu organisasi non-profit.

Misi rumah sakit pesawat ini adalah membawa relawan dokter ke seluruh dunia, di mana ada daerah dengan perawatan mata dan fasilitas yang kurang. Dokter ahli yang menjadi relawan akan melakukan operasi di pesawat untuk melatih para ahli bedah mata lokal dengan teknik-teknik baru.

Rumah sakit pesawat ini menggunakan pesawat Boeing MD-10 dengan 46 kursi yang dilengkapi dengan ruang operasi, ruang pemulihan, scanning hinggan pengobatan laser mata. Bahkan pesawat ini dilengkapi dengan teknologi kamera 3D di mikroskop teaternya operasinya. Untuk membuat pesawat ini para insinyur membutuhkan waktu selama 6 tahun.

Biasa nya dalam satu hari, di dalam rumah sakit ini dilakukan lima hingga tujuh kali operasi mata. Prosesi operasi mata ini juga menjadi sebuah sesi pelajaran untuk para dokter mata lokal.

Orbis pertama kali membuat rumah sakit mata pada 1982, hingga saat ini diperkirakan sudah ada 325 ribu dokter dan perawat yang dilatih dan 23 juta orang di dunia telah diobati.

Sumber : VoA Indonesia & Tribun News