Sejarah Penemuan Mikroskop

mikroskop-pertama

Teknologi mikroskop saat ini telah berkembang pesat. Berbagai objek mikro dapat dilihat dengan alat mikroskop. Namun, tahukah anda bagaimana sejarah mikroskop diciptakan ? Pencipta mikroskop pertama adalah Zacharias Janssen yang lahir di Belanda tahun 1580 dan meninggal pada tahun 1638.

Pada tahun 1590, Zacharias Janssen bersama ayahnya berhasil menciptakan sebuah alat dengan 2 sisi lensa berupa lensa cekung dan cembung untuk bisa melihat benda kecil.

Pada tahun 1610, seorang ilmuwan terkenal,Galileo Galilei (Italia) mengklaim bahwa telah berhasil membuat alat yang sama. Galileo menyelesaikan pembuatan mikroskopnya pada tahun 1609. Mikroskop yang dibuatnya berbentuk mikroskop dengan lensa optik. Namun, mikroskop ini masih memiliki keterbatasan dalam memperbesar ukuran objek karena gelombang cahayanya hanya sepanjang 200 nanometer.

zacharias-janssen

Mekanisme pengaturan pada mikroskop dibuat dan disempurnakan oleh seorang ilmuwan Italia pada tahun 1668, bernama Campini.

Mikroskop terus menerus mengalami perkembangan di tangan seorang ilmuwan lain yang bernama Antony Van Leeuwenhoek (1632-1723) yang berasal dari Belanda. Ia berhasil membuat 250 mikroskop yang mampu melakukan pembesar hingga 300 kali. Ia juga yang pertama kali menemukan mahluk protozoa pada 7 September 1674. Ia menulis lebih dari 300 catatan pada tahun 1963 hingga 1723 mengenai berbagai hal hasil pengamatannya terhadap tumbuhan dan bakteri.

Di abad ke-17 mikroskop menciptkan tren penelitian mahluk mikro di eropa dan di Jepang mikroskop menciptakan tren penelitian serangga berukuran kecil

Gambar : Fine Art America
Sumber : Wikipedia & Biografiku