Tips Membeli Mobil Secara Kredit

Saat ini berbagai perusahaan pembiayaan kredit menawarkan pembelian kendaraan dengan dp yang minim khususnya untuk pembelian mobil baru secara kredit. Tidak tanggung-tanggung, bahkan di awal bulan Mei 2016 saya sempat ditawarkan untuk membeli mobil secara kredit dengan dp hanya sebesar Rp 8 juta untuk mobil Honda Mobilio. Saya lihat tren pembelian kredit mobil dengan dp ringan ini tidak hanya untuk 1 merek mobil, merek lain pun menawarkan dp ringan, misalnya Toyota, Suzuki dan lainnya.

Untuk rekan-rekan yang ingin membeli mobil khususnya mobil yang pertama kali dibeli ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum mengajukan pembelian mobil secara kredit agar jangan sampai uang tanda jadi anda hangus.

Pengajuan Kredit Ditolak

Seringkali orang tidak menyadari bahwa DP Ringan memiliki resiko, yaitu pengajuan pembelian kredit ditolak oleh leasing. Padahal di awal anda harus membayar uang tanda jadi. Sebelum anda memberikan uang tanda jadi, tanyakan kepada pihak sales, bagaimana jika pengajuan kredit anda ditolak, apakah uang tanda jadi dikembalikan atau hangus. Pastikan uang tanda jadi anda dikembalikan jika ditolak. Jika perlu minta sales buat surat pernyataan. Percaya atau tidak sudah beberapa teman saya yang mengalami hal ini, pengajuan kredit nya ditolak dan uang tanda jadinya hangus. Sebuah trick dealer mobil untuk mencari keuntungan ?

Syarat Pengajuan Kredit DP Ringan

Tanyakan pihak sales dealer mobil dokumen apa saja yang diperlukan, apakah dokumen tersebut menjamin bahwa kredit disetujui. Jika dokumen tersebut dirasa kurang dan memiliki resiko tidak disetujui, tanyakan apakah uang tanda jadinya dikembalikan atau tidak (baca point sebelumnya : Pengajuan Kredit Ditolak). Umumnya agar pengajuan kredit disetujui anda harus memiliki rumah atas nama anda sendiri atau nama orang tua anda. Meskipun dapat diganti dengan dokumen lain, kenyataan nya pengajuan kredit anda pasti ditolak. Kecuali anda mau mengubahnya menjadi kredit dengan dp 30%, kemungkinan disetujuinya lebih besar.

Besaran Biaya Cicilan & Tempo Cicilan

Seringkali saya melihat pada brosur-brosur penawaran kredit mobil dengan dp ringan, cicilan bulanan nya lebih mahal ketimbang pada kredit mobil dengan dp normal (30%). Tanyakan semua informasi terkait biaya di awal sebelum anda memberikan tanda jadi. Jangan sampai membebani.

Tanyakan tempo cicilannya berapa tahun. Seringkali perusahaan leasing memberikan diskon pembayaran 1 atau 2x cicilan. Misalnya jika seharusnya anda membayar 48 kali cicilan, ada yang memberikan diskon 1x, sehingga anda cukup melakukan pembayaran sebanyak 46 kali + 1x di awal yang termasuk di dalam biaya dp. Sehingga total pembayaran cicilan anda hanya 47 kali.

Bunga Kredit Mobil

Persentase bunga kredit mempengaruhi besaran cicilan dan tempo cicilan. Saya melihat bunga kredit mobil tertinggi adalah 9,9% (perusahaan leasing) dan terendah 4,9% (bank). Jangan sampai anda salah pilih, pastikan anda memperoleh perusahaan pembiayaan kredit dengan besaran bunga yang tidak terlalu besar.