Tips Memilih dan Membeli Mobil Bekas

Selain membeli mobil baru, membeli mobil bekas jadi sebuah pilihan bagi setiap orang yang membutuhkan kendaraan dengan jumlah penumpang lebih dari dua. Memang tidak semua mobil bekas harganya murah. Harga sebuah mobil bekas sendiri ditentukan dari merk, kondisi, masa pakai dan berbagai parameter penentu lainnya yang menentukan harga sebuah mobil bekas. Ini beberapa tips yang saya kumpulkan dari teman-teman yang bekerja di bengkel mobil dan beberapa informasi online dari situs-situs otomotif mengenai bagaimana memilih mobil bekas.

Jangan hanya melihat jumlah KM

Seringkali jumlah kilometer yang kecil menjadi sebuah penilaian bahwa mobil tersebut masih dalam kondisi baik, jarang digunakan, jarang dikendarai jarak jauh dan sebagainya. Sehingga mobil bekas dengan jumlah kilometer kecil lebih cepat diminati pembeli mobil bekas. Tapi, hal ini jangan jadi ukuran. Misalnya, jika anda tinggal di kota yang setiap hari nya macet. Ukuran kilometer tidak bisa menjadi sebuah ukuran kualitas mesin mobil bekas tersebut. Sebab, meskipun jarak yang ditempuh oleh mobil tersebut masih kecil. Tapi, waktu penggunaan mobil tersebut akan sama seperti mobil yang digunakan untuk jarak jauh.

Bawa 1 orang teknisi mobil

Jika anda tidak memahami dengan baik cara mengecek kondisi mesin mobil, membawa 1 orang teknisi untuk membantu anda melakukan pengecekan adalah hal terbaik. Karena dengan cara ini anda akan memastikan lebih cepat mengenai kondisi mobil. Meskipun anda juga bisa membawa mobil tersebut ke bengkel resmi apabila pembelian sudah dilakukan. Jika mobil bermasalah, anda kembali ke penjual untuk melakukan klaim. Namun, tidak semua penjual mobil bekas mau menerima klaim setelah anda selesai melakukan pembelian.

Pastikan Keadaan Interior dan Eksterior

Seringkali seseorang yang membeli mobil bekas hanya fokus pada kondisi mesin saja dan melupakan kualitas interior eksteriornya. Tapi menurut saya, ini juga hal yang penting. Meskipun anda mendapatkan mobil bekas dengan mesin yang masih bagus, namun jika eksterior interior nya tidak berfungsi dengan baik anda perlu mengeluarkan uang lagi untuk memperbaikinya. Cek dan pastikan apakah power window nya berfungsi, apakah lampu-lampunya berfungsi semua, apakah acnya keluar dari semua ventilasi, bagaimana speaker audionya, dllnya.

Jenis Asuransi

Jika anda membeli secara kredit, pastikan jenis asuransi apa yang akan diberikan oleh pihak leasing. Sebab, umumnya asuransi yang diberikan tidak selalu comprehensive selama anda melakukan pembayaran. Seringkali comprehensive hanya diberikan pada tahun pertama, sedangkan tahun ke dua dan selanjutnya hanyalah total loss only.