Tips Memilih Perusahaan Sekuritas

pilihan

Di tulisan sebelumnya, saya membahas mengenai Mengenal Investasi Saham , kali ini saya menulis mengenai bagaimana memilih perusahaan sekuritas atau broker saham yang aman. Sehingga keamanan uang anda terjamin.

Legalitas

Di Indonesia para perusahaan sekuritas dijamin oleh beberapa lembaga pemerintah, yaitu Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEBTI), Bursa Berjangka Jakarta (BBJ), dan Kliring Berjangka Indonesia (KBI).

Jadi sebuah perusahaan yang legal pasti memiliki jaminan dari tiga lembaga tersebut. Untuk kemudahan, kita tidak perlu cek satu per satu lembaga tersebut untuk memastikan sebuah perusahaan sekuritas sudah dijamin. Ada cara yang paling mudah dan cepat, yaitu mengecek melalui situs IDX. Di situs IDX anda dapat mengeceknya menggunakan nama sekuritas yang anda cari, halaman tersebut bisa anda akses di http://www.idx.co.id/id-id/beranda/anggotabursaamppartisipan/profilanggotabursa.asp

Jumlah Setoran Awal

Masing – masing perusahaan sekuritas menerapkan jumlah setoran awal yang berbeda-beda, sehingga anda bisa memilih yang sesuai dengan kebutuhan anda. Saat ini 1 lot saham hanya 100 lembar tidak seperti sebelumnya yang per 1 lot sebesar 500 lembar. Dengan pengurangan jumlah lembar saham per lotnya, anda bisa melakukan setoran awal yang lebih kecil.

Besaran Biaya Transaksi

Biasanya para perusahaan sekuritas menerapkan biaya 0,1 hingga 0,3 % per transaksi. Jadi jika perusahaan yang anda pilih menetapkan lebih besar dari nilai tersebut berarti perusahaan anda menetapkan biaya yang terlalu tinggi.

Aplikasi Trading

Kelengkapan aplikasi trading akan berbeda untuk setiap orang, tapi semakin lengkap aplikasi yang disediakan oleh perusahaan sekuritas ini akan membantu mempermudah mengecek trading saham anda. Misalnya, perusahaan A menyediakan aplikasi android, windows dan handphone. Dengan tersedianya aplikasi di hp anda tidak perlu harus selalu menggunakan laptop untuk mengecek pergerakan saham dari komputer. Bahkan anda bisa melakukan transaksi dari handphone.

Pusat Konsultasi

Tidak semua sekuritas menyediakan pusat konsultasi, tapi saat tulisan ini saya tulis sudah banyak perusahaan sekuritas yang menyediakan pusat konsultasi. Dengan adanya pusat konsultasi, anda bisa memperoleh rekomendasi saham tertentu dan berkonsultasi mengenai investasi atau trading saham anda.

Semoga berguna.