Titan, Kumbang Terbesar di Dunia

Tahukah anda, bahwa kumbang terbesar di dunia gigitannya dapat mematahkan pensil ! Wow… Luar biasa ya… Ukurannya pun luar biasa, mencapai 18 cm.

Kumbang ini bernama Titanus giganteus atau disebut dengan Kumbang Titan. Meskipun ukurannya besar, kumbang ini tidak membahayakan manusia. Para ilmuwan belum mengetahui seperti apa bentuk larva dari serangga yang berhabitat di hutan Amerika Selatan ini.

Karena ukuran tubuhnya yang terlalu besar, kumbang ini tidak dapat terbang secara langsung. Kumbang ini harus memanjat ke atas pohon lalu menjatuhkan dirinya untuk terbang. Kumbang Titan yang jantan umumnya lebih aktif dalam mencari pasangannya.

Untuk melindungi dirinya kumbang ini mempertahankan dirinya dengan mendesis dan menggunakan rahangnya yang kuat untuk menggigit mangsa. Kekuatan gigitannya sanggup mematahkan pensil. Selain itu, kumbang ini juga memiliki kaki dan cakar yang kuat, sehingga dapat melukai hewan ataupun manusia. Meski begitu, kumbang ini bukan jenis hewan agresif yang menyerang. Kumbang ini hanya akan menyerang jika diganggu.

Habitat lebah jenis ini di antaranya adalah hutan hujan di wilayah Brasil, Bolivia, Kolombia, Ekuador, Guyana, dan Peru. Individu terbesar kumbang titan yang pernah ditemukan berukuran 16,7 sentimeter didapati di Guyana-Perancis.

Sungguh luar biasa ya mahluk ciptaan Tuhan ini…