Zumwalt Kapal Perang Canggih Amerika

kapal-zumwalt

Amerika baru saja memiliki kapal laut dengan teknologi modern terbaru. Kapal yang dibuat dengan biaya sebesar USD4,5 miliar termasuk dalam kapal perang perusak dan terbesar saat ini. Kapal perang tersebut diberi nama USS Zumwalt.

USS Zumwalt dibuat dengan panjang 610 kaki, sudutnya dibentuk tajam sebagai antisipasi dideteksi radar. Dengan bentuk seperti ini, sekalipun kapal terdeteksi di radar, ukuran nya akan terlihat lebih kecil. Anjungan kapal ini memiliki 360 monitor video. Dengan pergerakan yang cukup tenang, militer angkatan laut amerika mengklaim bahwa kapal USS Zumwalt sangat sulit untuk dideteksi, dilacak dan diserang.

USS Zumwalt menggunakan material komposit yang membuatnya tersembunyi dari radar dan sensor lainnya. Teknologi persenjataan pada USS Zumwalt memampukannya untuk menembakkan 600 proyektil bertenaga roket dengan target sasaran yang berada pada jarak lebih dari 70 mil jauhnya.

Kapal Zumwalt

Zumwalt juga mampu meluncurkan rudal penghancur lainnya seperti rudal jelajah Tomahawk, Evolved Sea Sparrow Rudal, rudal standar dari permukaan ke udara dan rudal anti kapal selam dari 80 tabung rudal.

USS Zumwalt didesain dengan bentuk lambung yang berfungsi untuk memecah gelombang air sehingga membuatnya bergerak dengan sangat halus. Kapal dengan berat hampir 15 ribu ton ini dilengkapi dengan teknologi canggih dan kemampuan yang memungkinkannya diterjunkan dalam berbagai misi baik baik untuk misi penyerangan maupun misi pertahanan.

Gambar : National Review & Navy Mil
Sumber : Sindo News