e-Klaim untuk Mencairkan BPJS Ketenagakerjaan

bpjs-ketenagakerjaan

BPJS Ketenagakerjaan bisa diklaim bila sudah pensiun, berhenti kerja atau sudah melewati jangka waktu tertentu.

Karena saya sudah lebih dari 1,5 tahun berhenti kerja saya berencana untuk mengambil dana BPJS Ketenagakerjaan. Pengambilan dana BPJS Ketenagakerjaan ini saya lakukan via online melalui situs BPJS Ketenagakerjaan. Namun, kartu BPJS Ketenagakerjaan saya hilang. Sehingga saya menghubungi pihak call center BPJS Ketenagakerjaan untuk menanyakan perihal bagaimana mengurus klaim BPJS Ketenagakerjaan saya jika kartu hilang. Pihak call center BPJS Ketenagakerjaan menginformasikan bahwa diperlukan dokumen tambahan berupa surat keterangan dari perusahaan bersangkutan yang mencantumkan nomor BPJS Ketenagakerjaan dan surat keterangan hilang dari kepolisian. Akhirnya saya mengurus ke-dua surat tersebut.

Proses klaim BPJS Ketenagakerjaan saya lakukan secara online melalui situs BPJS Ketenagakerjaan di https://sso.bpjsketenagakerjaan.go.id melalui menu e-klaim. Data-data yang diperlukan untuk e-klaim adalah

– formulir pengajuan pembayaran jaminan hari tua (f5), diisi pada formulir online
– fotokopi buku rekening
– fotokopi identitas diri peserta (ktp / paspor) dengan menunjukkan yang asli *
– fotokopi kartu keluarga dengan menunjukkan yang asli *
– fotokopi surat keterangan berhenti dari perusahaan dengan menunjukkan aslinya atau surat keterangan pengalaman kerja dari perusahaan dengan menunjukkan aslinya untuk peserta penerima upah *
– kartu peserta bpjs ketenagakerjaan *

Dokumen dari buku rekening hingga kartu BPJS Ketenagakerjaan saya sertakan berupa foto dan hasil scannya. Karena saya menyimpan foto kartu BPJS Ketenagakerjaan. Proses nya 1 hari kerja, selanjutnya saya menerima email bahwa saya harus ke kantor yang dituju untuk mencairkan dana BPJS Ketenagakerjaan saya dalam waktu 7 hari. Saya memilih kantor yang terdekat dengan lokasi rumah saya.

Sehari setelahnya (tanggal 21 Desember 2017) saya ke kantor BPJS Ketenagakerjaan yang saya pilih. Ternyata di kantor BPJS Ketenagakerjaan ini pun saya harus mengisi formulir lagi yang sebenarnya datanya sudah saya berikan via online. Sayang sekali sistem yang sudah online tersebut kurang berfungsi dengan baik, karena di kantor BPJS Tenaga Kerja saya tetap harus mengisi formulir yang datanya sama dengan dokumen yang harus diupload secara online.

Setelah mengisi formulir di kantor BPJS Ketenagakerjaan, saya menerima nomor antrian untuk menghadap customer service BPJS Ketenagakerjaan. Namun sangat mengecewakan ternyata dokumen saya kurang tepat. Informasi yang diberikan oleh call center BPJS Ketenagakerjaan tidak sesuai dengan yang diperlukan. Pihak kantor BPJS Ketenagakerjaan di lokasi yang saya pilih menyatakan bahwa “surat keterangan dari perusahaan bersangkutan yang mencantumkan nomor BPJS Ketenagakerjaan” sudah tidak berlaku lagi dan saat ini harus menggunakan surat keterangan bahwa kartu BPJS Ketenagakerjaan saya hilang dari perusahaan bersangkutan. Akhirnya saya harus mengurus kembali surat yang diperlukan ke pihak perusahaan saya sebelumnya.

Mengecewakan sekali, pihak call center BPJS Ketenagakerjaan memberikan informasi yang tidak tepat kepada saya sehingga saya harus meluangkan waktu lebih banyak untuk mengurus klaim dana BPJS Ketenagakerjaan saya. Selain itu, saya juga merasa tata cara klaim BPJS Ketenagakerjaan masih kurang sederhana, karena harus melalui tahap proses pengisian formulir di kantor BPJS Ketenagakerjaan. Seharusnya jika semua data sudah diberikan secara online, proses di kantor BPJS Ketenagakerjaan lebih cepat tanpa harus mengisi formulir dengan data-data yang sama seperti yang sudah diberikan secara online.

Tanggal 29 Desember, saya menerima surat keterangan kartu BPJS TK hilang dari perusahaan saya dan segera saya urus ke kantor BPJS Tenaga Kerja di Pluit. Tapi, ternyata kantor BPJS Tenaga Kerja Pluit sudah tidak menerima lagi. Alasannya yang disampaikan oleh pihak security, sistem mereka sudah offline dari jam 12 siang. Padahal masih tanggal 29 Desember, kalau tanggal 31 Desember bisa dimaklumi.

Tanggal 2 Januari saya kembali ke kantor BPJS Tenaga Kerja. Proses nya cukup cepat, hanya sekitar 20 menit sudah selesai. Selanjutnya saya tinggal menunggu transfer uang BPJS Tenaga Kerja ke rekening saya.

Tanggal 11 Januari saya sudah menerima dana BPJS Tenaga Kerja saya (sudah ditransfer ke rekening saya).

Total waktu yang diperlukan hingga dana saya cair sejak pengajuan secara online adalah dari 20 Desember 2017 – 11 Januari 2018, yaitu 22 hari (3 minggu lebih). Lumayan lama.